Mengenal lebih dekat Console legendaris Nintendo



Console legendaris Nintendo

Dipostingan kali ini Xfoost akan membahas tentang Mengenal Mengenal lebih dekat Console legendaris Nintendo. pada postingan yang lain xfoost juga pernah membahas tentang beberapa Game Terbaik Sepanjang Masa dan juga Mengenal Kemunculan Playstation. simak dibawah tentang console legendaris Nintendo.

Nintendo merupakan perusahaan yang berdiri pada tanggal 1889 di jepang, pendirinya bernama Fusajiro Yamauchi. Sebelum menjadi peruhaan video game, Nintendo adalah sebuah perusahaan pembuat kartu hanafuda. pada awalnya peruhaan nintendo bernama Nintendo Playing Card Company Limited, namun pada tahun 1963 nintendo merubah nama perusahaan mereka menjadi Nintendo Company Limited. setelah sekian lama menggeluti usaha kartu, nintendo mencoba bereksperimen menjadi perusahaan taksi, TV network. Pada tahun 1966 mulailah nintendo masuk ke dalam dunia game untuk anak anak bernama produk Ultra Hand. pada tahun 1973 nintendo mulai memfokuskan diri kepada family entertainment yang bernama produk Laser Clay Shooting System.

Pada tahun 1978, Nintendo mulai masuk ke industri Arcade Game dengan produk bernama  Computer Othello. seiring perkembangan waktu Nintendo terus mengeluarkan game.

Pada tahun 1984, Nintendo meluncurkan console bernama Nintendo Entertainment System atau NES yaitu game konsol 8 bit yang diluncurkan di Amerika utara. namun pada tahun 1983 Nintendo lebih dulu meluncurkan game bernama Nintendo Family Computer atau Famicom di daerah Asia timur.

Setelah meluncurakan NES nintendo meluncurkan konsole  bernama Super Nintendo Entertainment atau lebih dikenal SNES.

Pada tahun 1996, nintendo kembali meluncurkan konsole game bernama Nintendo 64, pada masanya Nintendo 64 bersaing dengan sony playstation 1, bisa dikatakan Playstation 1 lebih populer dibandingkan Nintendo 64, namun secara kualitas Nintendo 64 bisa di acungi jempol karena kaya akan warna.

sebenarnya sebelum Nintendo 64 diluncurkan, Game Boy the original sudah lebih dulu diluncurkan pada tahun 1989 dengan harga 89$ dolar, game boy ini mampu terjual banyak. tujuh tahun kemudian Nintendo meluncurkan kembali handle game bernama Game Boy Pocket, perbedaannya yaitu dari ukuran, game boy pocket memiliki ukuran yang lebih kecil dinganding Game Boy the original.

Pada tahun 1998, Nintendo meluncurkan handle games bernama GAMEBOY LIGHT, dengan spefikasi tambahan yaitu cahaya dilayarnya, game ini bisa dimainkan ditempat yang redup, dan kualitas baterainnyapun luar biasa, mampu memainkan game hingga 20 jam tanpa henti.

ditahun yang sama Nintendo meluncurkan kembali handle game bernama GAMEBOY COLOR, kelebihannya yaitu lebih kaya warna dibandingkan game boy sebelumnya. tiga tahun setelah itu nintendo pun meluncurkan game bernama GAMEBOY ADVANCED, game ini memiliki prosessor 32 bit, berbeda dengan gamboy versi sebelumnya. kelebihan GAMEBOY ADVANCED yaitu memiliki ribuan game dan memiliki banyak penggemar hingga sekarang.

Pada tahun 2003, Nintendo kembali meluncurkan handle gamenya bernama GAMEBOY ADVANCED SP, kelebihan handle game ini yaitu baterainya bisa dicharge, tanpa harus bergonta ganti baterai. ditahun 2005 Nintendo meluncurkan game lagi bernama GAMEBOY MICRO, gameboy ini mempunyai ukuran  terkecil dari gameboy sebelumnya, dan memiliki dsain yang elegan.

setelah sekian banyak meluncurkan beberapa handle game, Nintendo pun kembali meluncurkan console game bernama Nintendo 3DS, dengan spefikasi yang tinggi game ini mampu terjual 400.000 unit.

yang terbaru Nintendo meluncurkan game console bernama Nintendo Wii U dengan spefikasi seperti berikut

  • CPU: IBM Power7-based multi-core processor
  • GPU: Custom AMD Radeon 7 Series (1080p graphics)
  • RAM: 2 GB (1 GB untuk games, 1 GB untuk sistem)
  • Storage: Basic: 8 GB SSD, Premium/Deluxe: 32 GB SSD (Expandables via SD memory cards / USB hard disk)
  • Game media: Optical disc-drive 12 cm. Capacity: 25 GB (kemungkinan besar Blu-ray)
  • Ports dan Peripheral capabilities: SD memory card, USB 2.0 parts (2 di depan, 2 di samping), Sensor Bar power port, AV Multi Out port, HDMI 1.4 port.
  • Video: 1080p, 1080i, 720p, 576i (PAL), 480p, 480i, standard 4:3 ataupun 16:9 widescreen.

bila dilihat dari spefikasi cukup luar biasa, akan tetapi apakah tahun 2015 ini Nintendo bisa bersaing dengan smartphone yang Multifungsi, apakah nintendo akan meluncurkan sebuah Smartphone dan console game menjadi satu, kita tunggu saja.



Indra Bayu

Indra Bayu

Penulis dan Editorial Xfoost.com Email : indrabayu@xfoost.com