Cara Membuat Simulasi Ombak di 3DSMAX



Cara Membuat Simulasi Ombak di 3DSMAX

Tutorial kali ini membahas tentang bagaimana cara membuat simulasi ombak di software 3dsmax. setelah sebelumnya xfoost membuat tutorial tentang bagaimana cara membuat objek berputar di unity3d maka sekarang yang dibahas yaitu terntang pembuatan animasi simulasi ombak di 3dsmax. sebelum dimulai pertama jangan lupa install terlebih dahulu software 3dsmax nya. saya sendiri menggunakan software 3dsmax design 2012. setelah terinstall kita lanjutkan ke tahap pembuatan simulasi ombak di 3dsmax. ikuti langkah langkahnya.

 

1. buka 3dsmax lalu buatlah sebuah Scene baru dan buatlah sebuah lingkaran atau “circle” pada shapes. contoh seperti gambar dibawah ini.

1

 

2. Setelah menambahkan sebuah lingkaran maka kita ubah agar bisa dijadikan sebuah ombak dengan cara pilih “modify” pada bagian “modifier list pilih “garment maker” setelah itu jangan lupa tekan tombol F4. dan hasilnya bisa diperhatikan seperti gambar dibawah.

2

 

3.  Setelah menambahkan Garment maker selanjutnya tambahkan lagi efek ombaknya dengan cara pilih “modify” lalu pada bagian modifier list pilih “wave”. selanjutnya akan terlihat seperti gambar dibawah.

3

 

4. Ditahap selanjutnya kita atur efek ombaknya dibagian wave  Parameters seperti berikut
Amplitude 1 = -5,0
Amplitude 2 = 1,0
wave lenght = 3,0
phase = 1,0
decay = 0,0
terlihat seperti gambar dibawah yang diberi garis kotak merah

4

 

5. pada tahap kelima kita tekan “Auto Key” agar animasi bisa bergerak. lihat contoh dibawah

5

 

6. Setelah selesai maka key menuju ke frame 100 lalu ubah parameter wavenya seperti berikut
Amplitude 1 = -5,0
Amplitude 2 = 1,0
wave lenght = 5,0
phase = 1,0
decay = 0,0

6

 

7. ditahap ke tujuh ini kita ubah wireframe menuju realistic seperti gambar berikut

7

 

8. Selanjutnya kita beri warna dengan cara menekan tombok “M” pada keyboard lalu Modes pilih Compact Material editor. selanjutnya dibagian select a template pilih “Water, revlective survace” lalu klik Assign material to Selection pada objek Circle.

8

 

9. tahap terakhir kita ubah pengaturan Renderingnya dengan cara menekan tombol F10 pada keyboard, pada Time Output pilih Active time segment : 0 to 100. selanjutnya pada Render output pilih SAVE FILE lalu berinama OMBAK pada save as type pilih “avi” lalu klik Save Dan klik RENDER

9

 

Selamat maka hasilnya akan seperti gambar berikut

hasil

Selamat berkreasi…..

note
Jangan sungkan untuk bertanya, silahkan bertanya pada kolom komentar atau bisa langsung kirim email
Terima kasih



Indra Bayu

Indra Bayu

Penulis dan Editorial Xfoost.com Email : indrabayu@xfoost.com