Cara Merapikan Texture 3dsmax



Xfoost.com – hai teman teman, di tulisan kali ini saya akan sedikit membahas bagaimana cara memberi texture pada software 3dsmax menggunakan Unwrap UVW atau Merapikan Texture 3dsmax . kegunaan dari Unwrap Uvw yakni agar texture pada objek yang dibuat nanti tidak berantakan, dan akan menghasilkan objek dengan texture yang rapih. nah sekarang mari kita mulai dengan membuka di 3ds max..

1. Terlebih dahulu buka software 3dsmax anda dan pilih new scene sebagai contoh dan buatlah sebuah kotak atau box seperti dibawah ini.

Cara texture 3dsmax

2. Selanjutnya pada bagian panel pilih MODIFIER dan langsung pilih Unwrap UVW maka akan terlihat menjadi seperti berikut.

Cara Texture 3dsmax

3. dibagian bawah maka klik Open UV editor maka tampilannya akan seperti ini.

Cara 3dsmax

4. klik tombol M pada keyboard lalu beri texture image pada object tersebut. maka hasilnya akan seperti dibawah ini.

Cara 3dsmax

5. terlihat gambar diatas masih acak acakan, nah gunanya unwrap uvw tadi disini. pada bagian open UV editor selanjutnya klik SELECT -> Convert vertex to face. setelah itu klik Mapping -> flatten mapping maka hasilnya kana terlihat seperti dibawah ini.

Cara 3dsmax

6. Selanjutnya rapikan bagian tersebut sesuai yang anda mau, dan hasilnya seperti ini.

prefed

Sekian tutorial singkat kali ini, Semoga bisa menjadi manfaat 🙂

 



Indra Bayu

Indra Bayu

Penulis dan Editorial Xfoost.com Email : indrabayu@xfoost.com