Fungsi Trigger Pada Unity3d



Xfoost – Berbagi Info Teknologi

Apa anda mengenal Software Unity3d? kali ini Xfoost akan  membahas Fungsi Trigger pada unity3d.  nah Unity3d merupakan software yang digunakan untuk membuat beberapa game, seperti game yang terkenal yaitu dead trigger untuk Android dan ios. akan tetapi yang dibahas kali ini bukan trigger yang ada pada game Dead trigger, namun trigger yang ada di Unity3D.

Contoh Trigger dalam Unity3d misalnya Ketika Objek satu bersentuhan dengan objek lainya maka trigger ini bisa berfungsi, namun apa bedannya Trigger  dan Collider? Perbedaan Collider dan trigger yaitu

  • Fungsi Trigger jika diaktifkan maka objek bersentuhan dengan objek lain akan tembus.
  • Fungsi trigger tidak diaktifkan pada collider maka objek yang bersentuhan dengan objek lain tidak akan tembus

Apabila anda membuat sebuah karakter pada bagian triggernya diaktifkan maka otomatis karakter tersebut akan tembus dan jatuh kebawah.

Beberapa Script misalnya untuk berpindah level menggunakan trigger contoh.


function OnTriggerEnter (other : Collider){

if (other.gameObject.tag == "objek2")

{

Application.LoadLevel("NamaLevel");

}

}

*fungsi diatas digunakan ketika Objek bersentuhan dengan nama tag bernama objek2 maka otomatis akan berpindah ke Scene

*Pada bagian “NamaLevel” diatas bisa diubah sesuai dengan nama level yang anda punya misalanya Scene dengan nama Level 2

*Untuk Objek2 bisa diubah dengan nama sesuai tag yang anda inginkan misalnya “robot”

Baca Juga Tentang

Cara Membuat Game dengan Unity3d Lengkap

Cara Berpindah Scene Pada Unity3d

Semoga Bermanfaat



Indra Bayu

Indra Bayu

Penulis dan Editorial Xfoost.com Email : indrabayu@xfoost.com